Sebelum Memilih Perguruan Tinggi Perhatikan Ini Dulu !

Sebelum Memilih Perguruan Tinggi Perhatikan Ini Dulu !
Masuk perguruan tinggi adalah suatu yang paling diimpikan oleh sebagian orang. Tetapi, banyak pula orang yang tidak lulus di perguruan tinggi. Sehingga menjadi takut dan cemas untuk sebagian orang untuk daftar ke perguruan tinggi itu. Banyaknya persaingan menjadi faktor utama terutama disebabkan persaingan yang sangat banyak dan ketat. Hanya orang pilihanlah yang dapat masuk di perguruan tinggi tersebut dan cara mengantisipasinyalah yang akan selamat. Untuk mengantisipasi terhadap itu semua, jadi perhatikan ini sebelum anda memilih perguruan tinggi; 

Pertama, akreditas jurusan. Perhatikan akreditas jurusan di perguruan tinggi yang kalian pilih karena akreditas diperlukan pada saat melamar kerja dan untuk melanjutkan perguruan tinggi. Akreditas A sangat bagus tetapi perhatikan lainnya juga sebelum memilih.

Jangan kalian memilih di perguruan tinggi tidak berakreditas minimal kalian masuk perguruan tinggi di akreditas B. Misalnya tahun lalu, Pegawai Negeri Sipil persyaratannya lulus di perguruan tinggi minimal ber-akreditas B. Jadi, pilihlah perguruan tinggi berakreditas, tetapi jika kalian tidak dapat syukuri saja.

Kedua, negeri atau Swasta. Pilihlah negeri jika kalian ingin mendapatkan biaya yang lebih murah dan beasiswa yang sangat banyak. Pilihlah swasta kalau kalian ingin suatu yang fleksibel yang mempunyai waktu sampai malam, tetapi swasta memiliki harga yang lebih tinggi di bandingkan negeri pada umumnya.

Dalam melamar pekerjaan tidak ada hubungannya dengan swasta atau negeri yang ada sesuai dengan keahlian, pengalaman kerja, dan akreditas jurusan tersebut. Jadi, pilihlah negeri atau swasta sesuai kalian inginkan tetapi perhatikan juga yang lain ya....

Ketiga, batas umur. Perhatikanlah umur untuk menentukan perguruan tinggi yang kalian inginkan. Jangan sampai kalian tidak lolos karena kalian tidak tahu batas umur kalian. Lihatlah persyaratan perguruan tinggi itu dengan baik.

Jika kalian tidak bisa masuk perguruan tinggi karena batas usia kalian, kalian bisa coba Universitas Terbuka (UT) karena di perguruan tinggi itu tidak memiliki batas umur untuk mengikuti perguruan tinggi tersebut.

Keempat, biaya perguruan tinggi. Perhatikan biaya perguruan tinggi dari SPP sampai uang membuat skripsi dan wisuda. Jangan sampai kalian memilih di perguruan tinggi yang sangat mahal sedangkan kalian tidak mampu untuk membayarnya dan akhirnya kalian keluar. Lihatlah dengan baik-baik biaya di keluarkan dan sesuaikan dengan keuangan keluarga agar tidak menyesel kemudian hari.

Kelima, jumlah pesaing,  nilai tertinggi dan terendah yang masuk di jurusan tersebut. Lihatpula jumlah pesaing yang kita hadapi dan dari sekolah mana saja mereka untuk mengetahui kemungkinan untuk lulus di perguruan tinggi yang kalian inginkan.

Jangan memaksa diri untuk masuk perguruan tinggi jika kalian mempunyai nilai yang tidak mungkin lolos atau kemungkinan yang kecil.

Jika bisa memilih 2 pilihan untuk masuk perguruan tinggi pilih satu untuk yang kalian inginkan dan satunya sebagai alternatif jika tidak lolos, tetapi memiliki jumlah pesaing yang tidak susah sesuai kemampuan kalian.

Keenam, bakat yang kita miliki. Lihat juga bakat yang kita miliki dan pilih jurusan sesuai dengan keinginan dan bakat kita. Jangan kalian memilih sesuatu yang kalian tidak mampu menjalankannya. Kita harus tahu kemampuan kita dan sesuaikan dengan bakat kita.

Ketujuh, nama perguruan tinggi. Lihatlah nama perguruan tinggi "apakah ada cacat", tanyakan yang berhubungan dengan fakultas yang anda pilih mulai dari Ospek sampai yang lainnya, tanyakan juga "apakah ada kekerasan atau tidak". Bukan tanya kepada mahasiswa di sana saja tetapi tanyakan juga fakultas yang ada di sampingnya.

Kedelapan, syarat khusus untuk masuk jurusan tersebut. Terkadang perguruan tinggi mempunyai syarat khusus untuk masuk, misalnya fakultas kepolisian. Syaratnya harus tidak mempunyai cacat sedikitpun termasuk cacat mata. Jadi, tanyakanlah ada syarat khusus untuk masuk atau tidak. Jika ada tanyakan lebih detailnya.

Kesembilan, waktu yang kita miliki. Dan jika kalian ingin bekerja sambil kuliah kalian pilih perguruan tinggi yang lebih fleksibel tanyakan waktunya dan cocokkan dengan waktu perkerjaan kalian. Agar tidak saling bentrok kalian buat jadwal dan tentukan fakultas yang memiliki selain hari kerja. Misalnya kalian kerja pagi, kalian bisa cari kuliah malam.

Jadi perhatikan sebelum kuliah ya.. agar tidak menyesal kemudian hari.
Ya.... itu saja yang saya bisa sampaikan. Terus ikuti kami dan selamat belajar.

Post a Comment