Sebelum mendaftar ke sekolah, perhatikan ini dulu !

Sebelum mendaftar ke sekolah, perhatikan ini dulu !Bagi kita yang ingin masuk sekolah, bingung untuk memutuskan bagaimana memilih sekolah yang mana yang terbaik dan bagaimana memilih sekolah yang baik tetapi sesuai dengan keuangan keluarga. Dan terkadang orang tua kita ikut pula untuk menentukan sekolah kita, tetapi juga bingung memilih sekolah. Dalam memilih sekolah tidak bisa sembarangan karena sekolahan untuk menentukan masa depan kita dan anak kita. 

Jika, kita salah memilih sekolah akan menjadi hal yang fatal yang membuat anak kita atau kita sendiri menjadi tidak betah bahkan membuat malapetaka bagi keluarga seperti berhenti di sekolah di tengah jalan. Banyak orang tua yang mengidolakan anaknya masuk ke sekolah yang elite, tetapi berapa faktor kita tidak bisa mewujudkannya dan banyak anak kita sekolah di luar daerah tetapi akhirnya pulang karena alasan tertentu. Untuk menghindari tersebut kita bisa minimalisirnya. Ya.... inilah yang harus diperhatikan sebelum daftar ke sekolah; 

Pertama, Keuangan keluarga untuk masuk ke sekolah tersebut. Dalam menentukan sekolah kita harus melihat keuangan keluarga kita sehingga kita tidak akan berhenti sekolah karena tidak ada biaya kemudian hari dan perhatikan biaya sekolah yang kalian inginkan. Jangan ambil sekolah yang mahal jika tidak mempunyai uang karena akan membuat keuangan memburuk terutama bagi kita yang masih ditanggung orang tua kita dalam hal keuangan. Jadi, tidak maukan orang tua kita suatu saat nanti ngutang hanya untuk bayar SPP.

Kedua, Kemampuan kita untuk dapat lulus di sekolah tersebut. Lihatlah nilai kita apakah kita bisa ada harapan lulus untuk sekolah yang kita inginkan. Bertanyalah kepada orang yang tahu, tanyakan nilai paling bawah dari anak yang lulus tahun lalu, nilai ambang batas bisa daftar dan apakah ada harapan lulus. Jika tidak ada maka coba cari sekolah lain yang memiliki kemungkinan lulus, jangan terpaku pada satu sekolahan saja coba cari sekolah alternatif lainnya agar kalian tidak kecewa di sekolah yang kalian pilih. Maksudnya dafar lebih dari satu sekolah.

Ketiga, Nama Sekolah. Perhatikan juga nama sekolah. Apakah sekolah itu ada cacat namanya dan apa ada kekerasan di dalamnya. Kalian perlu bertanya tentang sekolah itu. Jangan hanya kepada guru disana tetapi bertanya orang yang ada disekitar di sana. Jika kalian memilih sekolah yang cacat namanya, berhati-hatilah jangan sampai kalian termasuk korban di dalamnya. Jika ada pelanggaran bisa dihubungi ke dinas pendidikan saja.

Keempat, Umur kita. Sekolah terkadang memilih persyaratan batas umur agar lulus disana, misalnya siswa harus berumur 13 tahun dan maksimal umur ijazah 3 tahun sejak awal tahun. Perhatikan umur dan persyaratan di sekolah. Jangan kalian daftar sekolah tetapi kalian tidak lulus karena masalah umur. Jadi, perhatikan baik-baik umur kalian sebelum mendaftar sekolah.

Kelima, Adat dan agama di sekolah tersebut. Terkadang sekolah memiliki adat sendiri dan bahkan agama sendiri, misalnya sekolah katolik. Bagi muslim jangan salah masuk sekolah dan seorang non-muslim juga sama. Adat menjadi masalah sebagian orang, jadi lihat disana apakah sekolah mempunyai adat yang baik atau malah sebaiknya, menyesatkan kita. Jadi, perhatikan dua hal itu sebelum mendaftar diri kalian ke sekolah.

Keenam, Fasilitas Sekolah. Perhatikan fasilitas sekolah yang kalian ingin daftar. Perhatikan fasilitas sekolah mulai dari lab bahasa sampai komputernya. Apa bagus? bagaimana tempat labnya?. Kalian perlu tanyakan semua. Jangan kalian inginkan yang tidak ada lab bahasa sehingga kesulitan menjawab soal di ujian Bahasa Inggris terutama Ujian Akhir Sekolah (UAS) karena kalian tidak belajar di lab bahasa, padahal itu penting. Jadi, perhatikan fasilitas penting yang perlu kalian perhatikan.
Ketujuh, bakat kita dan jurusan yang kita pilih. Perhatikan bakat yang kalian punyai terutama mau mendaftar di SMK atau SMA. Jika kalian mempunyai bakat IPA kalian bisa masuk SMA jurusan IPA. Jika kalian mempunyai bakat sejarah kalian bisa masuk SMA jurusan IPS. Jika kalian mempunyai bakat elektronik kalian bisa memilih SMK elektronik. Perhatikan bakat dan jurusan yang kalian pilih. Tapi, ingat perhatikan juga enam poin di atas. Jangan melepaskan enam poin di atas karena untuk satu poin saja karena ini saling berhubungan.

Jadi sudahkah kalian bertanya "Dimana sekolah yang kalian ingin daftar dan kemungkinannya". Ya... itu saja saya bisa sampaikan. Ikuti terus kami. Kami akan update setiap hari jadi jangan sampai kelewatan. Selamat Belajar.
Post a Comment