Anak Malas Belajar ? Inilah Tipsnya

Anak Malas Belajar ? Inilah Tipsnya
Terkadang sebagian dari orang tua kesusahan dalam membilangi anak untuk belajar. Padahal hati kita yang pernah menjadi orang tua sangat mendambakan anak menjadi rajin dalam belajar sehingga bisa menjadi orang yang berguna kelak.

Tetapi terkadang anak susah dibilangi jika disuruh belajar. Sebagian orang tua mengajari anaknya dengan cara tidak sepatutnya. Ini kesalahan terbesar sebagai orang tua mengajari anak. Kita bisa mendidik anak tetapi ada caranya, jangan membuat anak kalian karena sikap kalian- anak kalian benci kepada kalian.

Salah satu caranya dengan mengakali bagaimana membuat anak rajin belajar dan mau menuruti kata kita tanpa menggunakan cara yang tidak patut. Kami akan memberikan sedikit tips membuat anak yang malas belajar mau belajar dan mendengar kalian;

Pertama, berusahalah orang tua ikut belajar.  Dalam membimbing anak sebaiknya orang tua juga ikut dalam belajar. Jangan memaksa anak belajar, tetapi kita juga tidak ingin belajar. Hanya memarahi anak adalah perbuatan yang salah.

Perbuatan yang benar mencontohkan kepada anak akan membuat anak mengikuti kita. Ajaklah anak ikut belajar bersama kita. Selain belajar bersama untuk dapat anak belajar, juga orang tua dan anak akan saling dekat satu dengan yang lain. Sehingga menambah keharmonisan keluarga juga.

Jangan sampai anak kita mengatakan "bapak juga tidak belajar" atau semacamnya. Apalagi sikap anak kita keras. Jadi, belajarlah bersama dan jadilah contoh lebih dahulu dan selanjutnya bertindaklah.

Kedua, memberikan hadiah jika mendapatkan nilai bagus. Berikan hadiah jika nilai mereka bagus sebagai tanda kalian sangat senang dengan anak kalian jika nilai anak bagus.

Bilang kepada mereka "jika nilaimu bagus dan rajin belajar, kuberikan hadiah" atau semacamnya. Itu berguna untuk menambahkan motivasi belajar dari sang anak. Jangan lupa tepati janji juga ya...

Tetapi, jangan biasakan memberikan apa yang mereka mau tanpa ada sebab, itu karena membuat anak kalian keras dan tidak mau nurut kalian.

Ketiga, berikan hukuman dengan cara yang baik. Jika nilai anak kalian hancur sebaiknya kalian berikan hukuman, misalnya tidak boleh bermain, tidak boleh nonton atau semacamnya.

Jangan biasakan anak kalian tidak diberikan hukuman karena anak kalian menjadi anak yang sangat manja, tetapi jangan memberikan hukuman dengan cara memukulnya karena akan membuat tidak baik terhadap si anak. Jadi, cari cara terbaik dalam memberikan hukuman.

Keempat, batasi waktu bermain anak. Berikan waktu bermain anak dan tentukan juga waktu belajar anak. Misalnya, Jika bermain 2 jam maka belajarnya 2 jam. Usahakan belajar lebih dahulu sebelum bermain. Ini akan membuat anak kalian mempunyai sikap disiplin, apalagi kalian didik kedisiplinan sejak kecil.

Kelima, berikan cerita tentang keberhasilan seseorang karena belajar degan sungguh-sungguh. Ceritakanlah cerita-cerita orang yang berhasil karena sikap tekun belajarnya, apakah paman kalian, orang tua kalian, atau lainnya. Usahakan cerita itu dapat respon kepada sang anak.

Jangan ceritakan juga kepada sang anak, cerita seorang yang berhasil karena banyak harta atau keberuntungan, atau lainnya. Karena cerita itu dapat membuat anak tidak mau berusaha dan hanya berangan-angan saja.

Keenam, berdoa agar anak mau belajar. Berdoalah agar anak kalian dapat hidayah kepada tuhan. Jangan melakukan usaha tanpa berdoa, karena sama saja kita mendurhakai tuhan. Kalau bisa ajaklah anak berdoa dan beribadah supaya anak kalian juga dapat hidayanya.

Ketujuh, selalu mengingatkan anak untuk seberapa pentingnya belajar. Ingatkanlah anak bahwa belajar adalah suatu yang penting karena dengan belajar kita bisa mendapatkan hari esok yang lebih baik.

Terus dan terus ingatkan setiap hari untuk belajar. Ini akan membuat anak berpikir belajar adalah hal yang wajib. Jadi, ingatkan anak selalu untuk tetap belajar.

Kedelapan, ajak anak kalian bermain sambil belajar. Ajaklah anak bermain sambil belajar adalah salah satu cara terbaik dalam mendidik anak terutama yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Coba cari permainan belajar yang kreatif di website atau dimana saja dan ikutlah belajar sambil bermain bersama sang anak.

Kesembilan, jangan pernah menyerah. Memang mendidik anak itu tidak mudah, tetapi jangan menyerah mendidik anak, suatu saat anak akan berubah. Tetapi itu semua perlu proses dan terus berjuangnya kita untuk tetap membimbing mereka terutama masalah belajar mereka. Karena kita ingin anak kita dapat berguna untuk banyak orang suatu saat nanti.

ya.. itu saja yang bisa saya sampaikan. Ikut kami selalu karena banyak artikel-artikel menarik lainnaya akan segera hadir. Selamat Berjuang.
Post a Comment