Susah Konsentrasi Saat Belajar ?. Inilah Tipsnya

Susah Konsentrasi Saat Belajar? Inilah Tipsnya
Dalam belajar terkadang kita kesusahan dalam konsentrasi sehingga pelajaran kita berantakan. Ini bukan terjadi hanya sedikit pelajar yang mengalaminya, tetapi hampir semua pelajar pernah mengalaminya. Bahkan ada yang tidak lulus dan naik kelas karena tidak dapat berkonstentrasi.

Untuk menumbuhkan daya konsentrasi perlu waktu dan keinginan ingin berubah, tanpa ada hal itu untuk dapat mengubah diri kita tidak akan bisa untuk menambah daya konsentrasi kita terutama juga ketika sedang belajar. Banyak di antara kita belajar di sekolah, di rumah, bersama teman sulit untuk berkonsentrasi , jadi ini berapa tips untuk yang susah konsentrasi saat belajar;

Pertama, Seringlah Berolahraga. Untuk meningkatkan konsentrasi kita, salah satunya dengan sering berolahraga. Cobalah kalian berolahraga setidaknya 30 menit sehari.

Kalian bisa berjalan cepat atau joging atau olahraga lainnya. Tentukan juga waktu olahraganya. Olahraga terbaik adalah pagi hari dimana kondisi lingkungan masih segar dan sejuk.

Jika tidak mempunyai waktu untuk menyisakan waktu olahraga, kalian bisa berjalan kaki pergi dan pulang ke sekolah atau ke tempat teman dan ingat tentukan jarak sekolah kalian.

Karena selain dapat meningkatkan konsentrasi, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi usahakan olahraga sebaik mungkin ya...

Kedua, Tetaplah berusaha fokus. Kita harus tetap fokus dalam belajar, jika kita terahlikan ke yang lain berusaha mengingatkan diri kalian sendiri untuk tetap fokus belajar.

Jika kalian tidak malu, kalian bisa minta teman memperhatikan kalian untuk tetap fokus. Kalau bisa saling mengingatkan. dengan bersikap untuk berusaha fokus, seiringnya waktu kalian dapat fokus, tetapi semua itu perlu proses yang tidak sebentar.

Ketiga, Jangan fokus banyak hal, cukupkan fokus hanya satu hal. Terkadang kita melakukan tugas bersamaan. Manusia tidak bisa berjalan secara bersamaan, tetapi harus fokus. Apakah kalian bisa melihat sebelah kiri dan satunya melihat sebelah kanan, tentu saja jawabannya tidak bisa bukan.

Jadi, berusaha untuk tetap fokus satu hal. Coba kalian tentukan yang mana lebih penting dari semua tugas kalian, lalu kalian urutkan. Usahakan selesaikan satu dulu belajar kalian, baru belajar yang lainnya.

Keempat, jauhkan dari perasaan ngantuk. Usahakan dalam belajar jangan ada rasa ngantuk. Usahakan juga kalian tidur tepat waktu, dan jangan tidur larut malam. Tidur larut malam membuat kita terganggu bukan hanya dalam pelajaran saja, tetapi juga dapat membuat penyakit badan kita.

Jadi usahakan tidur tepat waktu. Waktu tidur terbaik adalah pukul 08.00 - 09.00. Manusia tidur paling baik antara 6- 8 jam. Jadi, usahakan tidur cepat dan jangan berlebih. maksudnya tidur cepat bangun lambat.

Kelima, jauhkan dari perasaan marah dan sedih. Perasaan marah dan sedih memang lumrah dan wajar jika ada setiap manusia, siapapun itu. Tetapi kita harus tetap fokus di belajar terutama di sekolah. Cobalah jika marah untuk mengambil air lalu dibasuhkan ke muka jika tidak hilang, maka minumlah air. Jika tidak bisa ya.. Diam saja. 

Jika perasaan sedih kalian harus berusaha melupakan sejenak dan fokus belajar, jangan terlalu pikirkan yang kalian alami, jika tidak nilai kalian bisa rusak sehingga kalian bisa tidak naik kelas bahkan tidak lulus di sekolah. 

Keenam, perbanyak makan makanan yang menambah konsentrasi. Ini adalah tips sedikit yang saya dapat dari seorang dokter maupun di internet, tetapi kalian bisa coba. Cobalah lebih banyak makan makanan mengandung kacang-kacangan, biji-bijian rendah karbohidrat, ikan laut yang kaya omega 3, yoghurt, dan masih banyak lagi karena dapat meningkatkan daya ingat kalian. Dan ingat hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jadi, mulai sekarang siapkan menu khusus kalian di rumah.

Ketujuh, berikan waktu untuk istirahat jika belajar dalam waktu yang lama. Terkadang ketika belajar kita terlalu lama sehingga membuat kita tidak konsentrasi ketika sedang belajar. Cobalah untuk meyisikan waktu sedikit untuk bergerak yang ringan dan fokus kelain dulu. Cara terbaiknya 2 jam belajar 10 menit istirahat, supaya kalian bisa tetap fokus kembali. Waktunya bisa kalian ubah sesuai daya konsentrasi kalian, tetapi ingat tetap berikan waktu untuk istirahat.

Kedelapan, mengerjakan soal atau teka teki yang meningkatkan daya ingat. Salah satu cara meningkatkan daya ingat adalah bermain suatu misalnya teka teki. Seperti mengerjakan teka-teki silang atau lainnya. Carilah permainan seru yang dapat meningkatkan daya ingat, mungkin kalian bisa minta bantuan mbah google untuk menemukannya.

Kesembilan, pahami pelajaran dasar dan sebelumnya sebelum sekolah atau ke kampus. Terkadang kita tidak bisa konsentrasi belajar di sekolah atau di kampus karena tidak paham apa yang guru sampaikan. Ini karena kalian tidak mengetahui pelajaran dasar atau kalian mengetahui pelajaran dasar, tetapi kalian lupa.

Pelajaran dasar yang kami maksud adalah tambahan, perkalian, atau lainnya, jika itu adalah pelajaran matematika. Jadi, cobalah mencari tahu apa yang jelaskan guru atau dosen, bisa kalian bertanya pada teman sebangku atau kalian bisa bertanya langsung ke guru atau dosen.  Dan usahakan sudah belajar lebih dahulu sebelum guru terangkan.

Kesepuluh, menjadi aktif ketika di sekolah atau kampus. Untuk tetap konsentrasi terutama di sekolah adalah dengan cara selalu aktif di sekolah. Aktif disini bukan menebar demo dimana-mana, bermain tangkap-tangkapan atau semacamnya, yang dimaksud aktif disini adalah bertanya jika tidak tahu dan menjawab jika guru beri pertanyaan. Kalian bisa aktif juga dengan menulis dan mencatat yang ada di papan tulis.

Ya... itu saja Artikel dari saya. Terus ikuti kami ya.. Selamat Belajar.
Post a Comment