Suatu yang Harus Dihindari Ketika Belajar

Suatu yang Harus Dihindari Ketika Belajar
Dalam Belajar kita pernah tidak konsentrasi bahkan tidak belajar karena suatu alasan sehingga kita mempunyai waktu belajar yang kurang bahkan sampai-sampai yang niatnya mau belajar, jadi tidak belajar. Kesusahan dalam belajar tersebut dapat diminimalisir dengan berbagai cara. Yap salah satu cara meminimalisir dari gangguan belajar adalah dengan menghindari apa yang menggangu dalam belajar, dan inilah tipsnya.

Pertama, terlalu fokus ke handphone. Terkadang dalam belajar kita selalu mengaktifkan handphone sehingga kita lebih memerhatikan handphone dibadingkan belajar. Handphone menggangu konsentrasi kita apalagi pada saat menunggu balasan dari orang lain yang tidak terlalu penting daripada belajar dan panggilan telpon dari orang lain yang hanya berisi basa basi saja. Inilah yang menggangu.

Jika kalian punya handphone ubahlah alihkan panggilan ke sibuk. lalu, untuk sms cobalah untuk tidak terlalu mengurusi sms yang tidak penting, lebih baiknya lagi kalian matikan handphone kalian dan fokus ke pelajaran.

Dan terkadang kita yang mempunyai akun sosial media seperti facebook terlalu sibuk dengannya, cobalah untuk mematikan jaringan kalian ketika sedang belajar.

Kedua, tempat yang berisik. Tempat yang berisik adalah gangguan terbesar ketika belajar. Apakah itu pesta pernikahan yang sampai larut malam atau pembangunan rumah di samping kalian. Memang susah jika belajar di suasana seperti itu, tetapi ada sedikit cara untuk mengurangi kebisingannya, yaitu mencari lokasi belajar yang lebih tenang.

Tetapi, jika tidak ada lokasi lain untuk belajar atau sedang belajar di rumah di malam hari, cobalah gunakan handset dan dengarkan musik yang bagus untuk belajar. Jangan mendengarkan yang rock atau pop, cobalah mendengarkan musik instrumen yang menenangkan, tetapi juga ingat jangan menyetel musik yang membuat ngantuk. Nanti tertidur........

ketiga, menyalakan televisi. Terkadang kita menyetel televisi sambil belajar sehingga kita tidak fokus ke belajar dan lebih fokus ke televisi, apalagi acara di televisi tersebut seru. Jadi, usahakanlah untuk mematikan televisi ketika belajar, jika orang tua kalian menyetel televisi dimana kalian belajar usahakan pindah tempat belajar dan cari tempat yang lebih baik untuk belajar.

keempat, orang yang mengajak tidak belajar. Teman-teman kita dapat menggangu kita dalam belajar. Terkadang mengajak kita bermain ketika belajar, nonton atau yang lainnya. Terkadang kita merasa tidak enak untuk mengatakan kita sedang belajar apalagi telah berjanji dengan teman kalian. 

Untuk ini cara terbaiknya adalah beritahu teman kalian bahwa kalian memberitahukan jadwal belajar kalian. Jika, kalian tidak mau memberitahu bahwa kalian belajar, kalian bisa berkata "lagi mengerjakan pekerjaan di rumah". Kalau kalian bisa ajak teman kalian belajar bersama kalian itu akan lebihbagus, sehingga belajar menjadi lebih menarik.

Kelima, Tempat yang kotor. Untuk sebagian orang tempat kotor tidak masalah untuk belajar, tetapi bagaimana yang tidak suka tempat kotor menjadi masalah. Tetapi, sebenarnya tempat yang kotor dapat menggangu kita dalam belajar sehingga terlalu fokus dengan kotoran. Belajar ditempat kotor bisa membuat kita sakit untuk kemudian hari. Sedangkan tempat yang bersih siapa saja belajar akan merasa lebih enerjik atau lebih baik dibandingkan tempat yang kotor. Jadi, cara salah satunya bersihkan tempat belajar kalian sebelum belajar.

Keenam, tidak mempunyai buku dan alat belajar lainnya. Wah.. ini adalah masalah besar. Bagaimana bisa kita belajar sedangkan buku dan alat belajar tidak punya. Kasihan Kasihan Kasihan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mendapatkan buku dan alat belajar tersebut. Jika buku paket terasa mahal untuk kalian, kalian bisa meminjam buku ke teman kalian dan kalian rangkum dan ambil yang penting-pentingnya saja. Jangan ambil semuanya karena tangan kalian bisa keriting nanti..... jika bisa foto copy saja.

Ketujuh, perasaan ngantuk. Hilangkan perasaan kalian dari rasa ngantuk itu adalah cara terbaiknya. Jika kalian ngantuk membuat kalian tidak konsentrasi bahkan kalian bisa ketiduran. Cara terbaiknya tidurlah secukupnya dan jangan bergadang, jika kalian bergadang kalian tidak bisa konserntrasi di sekolah di kampus atau lainnya. Jadi, usahakan untuk tidur yang cukup.

Kedelapan, perasaan sedih dan marah. Perasaan sedih dan marah sangat susah untuk dihilangkan. Cobalah kalian tidur sejenak sampai marah atau sedih kalian sedikit menghilang. Kok sedikit. Karena sedih dan marah adalah perasaan yang akan membekas jika telah mereda dan akan membuat kita marah dan sedih lagi jika tidak segera atasi. Cara menngurangkan kesedihan dengan cara motivasi dan coba lupakan atau ahlikan sementara untuk belajar.

Kesembilan, banyak menghayal atau berangan-angan. Inilah penyakit yang susah untuk di atasi. sering menghayal terkadang bawaan dalam diri kita atau bisa disebut watak atau sifat kita, tetapi tidak masalah untuk mengubah kebiasaan tersebut. Cobalah untuk berusaha berpikir ke pelajaran pada saat belajar, jika kalian tiba-tiba menghayal lagi coba lagi fokuskan ke pelajaran. Dengan seiring waktu sifat sering menghayal dapat berubah. Tetapi ingat, perlu waktu.

Kesepuluh, mendengarkan lagu. Mendengar lagu memang baik dan terkadang membawa malapetaka karena dapat membuat kita lupa belajar bahkan menggangu belajar. Cobalah untuk menghindari lagu saat belajar terutama lagu yang memiliki kata-kata karena dapat menggangu. Apalagi musik rock.

Kesebelas, mempunyai kewajiban lain. Ini tidak bisa diatasi karena kewajiban yang lebih dahulu dari belajar lebih utama, misalnya membantu orang tua, bekerja, dan lain-lain. Cara salah satunya hanya dengan mencari waktu belajar atau menyempatkan waktu pada saat tidak ada kewajiban.

yap... itu saja tips kami. Terus ikuti kami ya... Tetap semangat belajar.
Post a Comment