Cara Metamorfosis Hewan

IPA > IPA SD > Daur Hidup Makhluk Hidup

Artikel kali ini akan mempelajari tentang Cara Metamorfosis Hewan. 
Tahukah anda bentuk awal kupu-kupu? Kupu-kupu yang baru lahir adalah ulat. Ulat memiliki tidak sama dengan kupu-kupu. Tahap perubahan bentuk yang sangat berbeda yan dialami hewan sejak menetas sampai menjadi hewan dewasa disebut metamorfosis. Untuk lebih memahami simaklah materi di bawah ini

Berdasarkan ada tidaknya metamorposis pada hewan, dikelompokkan menjadi dua, yaitu dengan metamorfosis dan tidak metamorfosis.

Tanpa Metamorfosis
a. Daur hidup Kelinci
Tanpa Metamorfosis - Kelinci
Kelinci
Kelinci menghasilkan anak dengan cara beranak (melahirkan). Sebelemunya anaknya lahir, Kelinci dewasa mengalami masa mengandung selama kira-kira tiga bulan. Setelah itu, lahirlah anak kelinci yang belum dapat bergerak dengan linca. Anak kelinci tidak bisa makan, mereka hanya menyusu ke induknya. Setelah umurnya lebih dari sebulan, anak kelinci baru dapat makan makanan lain. Sejak lahir sampai dewasa bentuk kucing tidak berubah. Hanya ukuran tubuhnya saja yang bertambah.


b. Daur hidup Komodo
Tanpa Metamorfosis - Komodo
Komodo
Komodo banyak hidup di pulau komodo, Indonesia. Komodo menghasilkan anak dengan cara bertelur. Telur disembunyikan di dalam tanah yang hangat oleh induknya. Setelah pertumbuhan bakal anak komodo di dalam telah sempurna, telur menetas menjadi anak komodo. Semakin lama anak komodo semakin besar.




c. Daur hidup Kanguru
Tanpa Metamorfosis - KanguruKanguru mengahasilkan anak dengan cara beranak (melahirkan). Berbeda dengan kucing, kanguru mengandung kira-kira hanya sebulan. Anak kanguru yang baru lahir sangat kecil dan lemah. Begitu keluar dari tubuh induknya, anak kanguru bergerak perlahan ke kantong induknya yang ada di depan perut. Di kantong itu, anak kanguru menyusu sampai berbulan-bulan. Setelah tubuhnya cukup besar, barulah anak kanguru keluar dari kantong induknya.





Daur Hidup Dengan Metamorfosis
Hewan bermetamorfosis terbagai menjadi dua golongan, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

1. Metamorfosis Sempurna
Hewan yang bermetamorfosis sempurna adalah hewan yang mengalami tahap pupa (kepompong). Metamorfosis sempurna antara lain nyamuk, kupu-kupu, ngengat, dan lalat. Untuk mengetahui metamorfosis sempurna lihatlah daur dari hewan di bawah ini;

a. Daur hidup kupu-kupu
Metamorfosis Sempurna Kupu-Kupu
Kupu-Kupu
Metamorfosis Sempurna Kepompong
Kepompong
Daur hidup kupu-kupu diawali dari telur. Telur kupu-kupu biasanya di atas permukaan daun tetapi ada juga didalam tanah. telur menetas menjadi ulat. Ulat memakan dedaunan untuk mempertahankan hidupnya. Ulat semakin lama makan semakin sedikit. Akhirnya, ulat berhenti makan dan tampak tidak bergerak. Akhirnya, ulat tersebut tidak makan dan membungkus tubuhnya dengan air lirunya yang menyerupai
Metamorfosis Sempurna Ulat
Ulat
benang. air liurnya mengeras membentuk bahan semacam benang sustra. benang-benang itu melekat pada daun atau batang. Akhirnya, benang-benang tersebut menutupi seluruh tubuhnya. Inilah yang disebut kepompong. Dalam masa kepompong tidak makan dan bergerak sampai berhari-hari. Jika ulat telah diubah menjadi sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong. Kupu-kupu muda berubah menjadi dewasa dan berelur. Kupu-kupu hidup dengan memakan nektar bunga.


Daur hidup kupu-kupu: Telur -> Ulat -> Kupu-kupu

b. Daur hidup nyamuk
Metamorfosis Sempurna Larva Nyamuk
Larva Nyamuk
Metamorfosis Sempurna Nyamuk
Nyamuk
Daur hidup nyamuk diawali dari telur. telur nyamuk biasanya ada di dalam air. Telur nyamuk menetas menjadi jentik-jentik.

Jentik-jentik hidup di dalam air. Jentik-jentik hidup dengan memakan makhluk hidup yang berada di air. Jentik-jentik tumbuh menjadi pupa. Pupa seperti kepompong tidak bergerak. Pupa bergerak karena dorongan gerakan air. Selanjutnya, pupa berubah menjadi nyamuk. Nyamuk terbang di udara. Nyamuk akan bertelur di air.

Daur hidup nyamuk : Telur -> Jentik-Jenitk -> Pupa -> Nyamuk

c. Daur hidup Lalat
Metamorfosis Sempurna Lalat
Lalat
Daur hidup lalat dimulai dari telur. Telur lalat biasanya berada di tempat-tempat yang kotor, misalnya di tempat sampah atau suatu yang berbau busuk. Lalat juga meletakkan telurnya di tempat makanan. Telur yang menetas menjadi belatung. Bentuk belatung seperti ulat kecil. Belatung makan dimana mereka berada, misalnya tempat yang kotor atau makanan yang terbuka. Belatung berubah menjadi pupa. Pupa tidak bergerak. Setelah beberapa hari, pupa berubah menjadi lalat. Lalat berkembang biak secara bertelur.

Daur hdiup lalat : Belatung -> pupa -> Lalat

Metamorfosis Tidak Sempurna
Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah hewan yang tidak menjalani tahap pupa (Kepompong). Metamorfosis tidak sempurna antara lain kodok, katak, kecoak, belalang, dan kumbang.

a. Daur hidup belalang
Metamorfosis Tidak Sempurna Belalang Dewasa
Belalang Dewasa
Metamorfosis Tidak Sempurna Belalang
Belalang Tidak Bersayap

Daur hidup belalang diawali dari telur. Telur belalang barada di dalam tanah. Telur kemudian menetas menjadi belalang muda. Belalang muda hampir sama dengan belalang dewasa, tetapi tidak memiliki sayap. Belalang muda akan berganti kulit berapa kali dan sampai akhirnya menjadi belalang dewasa.

Daur hidup belalang : Telur -> Belalang Muda -> Belalang Dewasa

b. Daur hidup Kodok
Metamorfosis Tidak Sempurna Kodok
Kodok
Kodok hidup di dua alam, yaitu di darat dan di air sehingga disebut hewan amfibi. Kodok tidak bisa hidup di darat saja atau di air saja.
Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur berada di air. Telur menetas menjadi kecebong. Kecebong hidup di dalam air karena kecebong bernapas dengan insang. Kecebong tidak bisa hidup di darat.
Kemudian, pada kecebong sepanjang tubuhnya tumbuh sepasang kaki. Kemudian, ekor kecebong mulai menghilang dan jadilah kodok muda. Kodok muda berubah menjadi kodok dewasa. Kodok dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. Kodok dewasa hidup di dua alam. Kodok bertelur di dalam air.
Daur Hidup Kodok
Daur HIdup Kodok

Daur hidup Kodok : Telur --> Kecebong --> Kodok Muda --> Kodok Dewasa

c. Daur hidup kecoak
Metamorfosis Tidak Sempurna Kecoak
Kecoak
Daur hidup kecoak dimulai dari telur. Telur kecoak menetas menjadi kecoak muda. Bentuk kecoak muda hampir sama dengan kecoak dewasa, tetapi kecoak muda tidak bersayap sedangkan kecoak dewasa bersayap. Kecoak muda tumbuh menjadi kecoak dewasa. Kecoak dewasa memiliki sayap. Kecoak dewasa dapat terbang. Kecoak dewasa bertelur di air yang kotor.

Daur hidup kecoak : Telur Kecoak muda -> Kecoak

0 komentar: