Cabang-Cabang Biologi

Di sekolah kita mempelajari tentang tumbuhan, hewan, bakteri, manusia, dan lain-lain. Setiap kajian yang kita pelajari sebenarnya adalah cabang-cabang dari biologi.

Kita tahu biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dengan lingkungannya. Peristiwa yang disekitar kita memiliki cabang kajian untuk memudahkan kita dalam mempelajari ilmu ini.

Disini kita kan membahas tentang cabang-cabang biologi yang dalam lingkupnya. Kita tahu bukan pada olahraga bela diri mempunyai cabang-cabang, misalnya tekwondo, kung fu, pencak silat, dan lain-lain. begitupulah dengan biologi.

Cabang-cabang biologi ini ditentukan berdasaran objek dipelajari, sejarah organisme, evolusi, tingkatan organisme, dan hubungan dengan kajian lain seperti cabang-cabang yang ada di atas.

Dalam mempelajari ilmu ini kita akan mempelajari dalam 3 bentuk, yaitu; berdasarkan objek yang dipelajari, berdasarkan hubungan kajian lainnya, dan berdasarkan tingkatan strukturnya. Sekarang kita mulai dari objek yang dipelajari.

A. Berdasarkan Objek yang Dipelajari
Kajian yang dipelajari berdasarkan objek yang dipelajari dilihat dari benda apa yang akan kita pelajari. Apakah itu tumbuhan, hewan, bakteri, jamur, atau lainnya.

Kita tahu bahwa dalam mempelajari biologi berdasarkan pada Binomil Nomenclatur atau berdasarkan taksonomi semakin ke bawah pada bagian taksonominya semakin spesifik juga bagian yang dikaji.

Ini adalah sebagian contoh cabang biologi yang akan dikaji;
Mikologi : ilmu yang mempelajari tentang kingdom fungi misalnya Plouretus oreterus,
Mikrobiologi : ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme misalnya paramecium sp, E.Coli, Trichoderma sp, dan lain-lain.
Mikrobiolgi dapat dipersempit lagi menjadi; Bakteriologi dan Virologi. Sebenarnya untuk virologi memiliki perbedaan terhadap ahli ilmu ini, apakah dia termasuk benda hidup atau tidak hidup.
Bakteriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bakteri.
Virologi : ilmu yang mempelajari tentang virus termasuk juga prion dan virion misalnya H1N1, H2N2, Virus Herpes, dan lain-lain.
Zoologi : ilmu yang mempelajari tentang hewan misalnya
Zoologi juga dapat dispesifikasikan dalam mempelajarinya menjadi ontologi, mamalogi, ichilogi, dan lain-lain.
Botani : ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan misalnya Capsicum sp,

B. Berdasarkan Hubungan Kajian Lain.
Kajikan biologi dengan hubungan kajian lain adalah gabungan dua ilmu yang berbeda menjadi satu paduan membentuk ilmu multidisiplin yang baru. Kalian bisa melihat ilmu itu di bawah ini.
Biokimia : ilmu yang mempelajari tentang kimia makhluk hidup
Biostatiska : ilmu yang mempelajari tentang statiska berkaitan makhluk hidup
Biokomputasi : ilmu yang mempelajari tentang komputasi berkaitan makhluk hidup
Bioinformatika : ilmu yang mempelajari tentang informasi makhluk hidup dengan menggunakan teknologi informasi
Biofisika : ilmu yang mempelajari tentang fisika yang berhubungan makhluk hidup.

C. Berdasakan Tingkat Strukturnya
Kajian biologi berdasarkan tingkat struktur adalah ilmu dari kajian dari molekuler sampai pada tingkatan biosfer kehidupan.

Kajian ini sangat luas pada tingkatan biosfer dan tingkatan lebih spesifik pada molekuler tetapi kajian ini bisa digabung dengan kajian lain pada jenis organismenya misalnya pada lalat yang diketahui jenis molekuler pembentukkannya.

Untutk contoh kalian bisa lihat di bawah ini.
Morfologi : ilmu mempelajari tentang bentuk luar tubuh makhluk hidup misalnya pada batang, akar dan lain-lain.
Anatomi : ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian dalam tubuh makhluk hidup misaalnya pada jantung, paru-paru, ginjal, dan lain-lain.
Histologi : ilmu yang mempelajari tentang jaringan makhluk hidup. Misalnya pada Jaringan sel sarar, jaringan meristem,s jaringan epitel, dan lain-lain.
Fisiologi : ilmu yang mempelajari tentang fungsi atau proses kerja tubuh makhluk hidup. Misalnya pada pergerakan darah dengan mengikat oksigen.
Genetika : ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat makhluk hidup. Misalnya mengetahui pewarisan sifat pada tumbuha atau pada manusia.
Embriologi : ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio. Misalnya kita mengetahui proses pembentukan sel embrio.
Organologi : ilmu yang mempelajari tentang organ makhluk hidup. Misalnya mempelajari bagian jantung, saraf, hati, dan lain-lain.
Ekologi : ilmu yang mempelajari tentang ekosistem makhluk hidup. Misalnya mempelajari tempat tumbuh makhluk hidup pada tempat rawa, hutan basah, hutan lindung, dan lain-lain.
Ontogeni : ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup sejak embrio hingga dewasa.
Biologi Molekuler ilmu yang mempelajari tentang molekul makhluk hidup. Misalnya mempelajari tentang ekspresi dari protein tertentu.
Sitologi : ilmu yang mempelajari tentang sel makhluk hidup.

D. Berdasarkan lainnya :
Taksonomi : ilmu yang mempelajari kekerabatan makhluk hidup.
Evolusi : ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari sederhana ke arah yang sempurna
Palaeontologi : ilmu yang mempelajari tentang kehidupan organisme masa lampau
Patologi : ilmu yang mempelajari tentang penyakit-penyakit makhluk hidup.
Bioforensik : Ilmu mempelajari tentang pemecahan kasus dengan cara biologi
Bioremediasi : Ilmu mempelajari tentang perbaikan fungsi hutan atau lingkungan.

Daftar Pustaka
Pratiwi, D.A, Maryati, S. Srikimi, Suharno, & S. Bambang.2007. Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Post a Comment