Modal Untuk Hari Esok Lebih Baik.

Modal Untuk Hari Esok Lebih Baik
Dalam menjalani hidup ini kita memerlukan suatu hal untuk dapat bertahan dan maju menghadapi masa depan yang semakin rumit. Pekerjaan maupun pelajaran yang kita hadapi membuat sebagian frustasi untuk berjuang dan sebagian lagi menjadi tertantang untuk terus menghadapinya. 

Kesusahan-kesusahan yang kita alami membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan hanya pribadi yang menjadi lebih baik tetapi juga otomatis membuat kehidupan kita juga menjadi lebih baik. Untuk membuat hari esok yang lebih baik ada baiknya kita semua mengetahui modal untuk membuat kita menjadi lebih baik lagi dan selalu bersemangat menghadapi hidup, bagaimanapun kondisi yang kita hadapi. Jadi, saya akan bawakan sedikit modal untuk hari esok yang lebih baik;

Pertama, Berpikir untuk menjadi lebih baik dari hari ini. Dengan berpikir seperti itu kita akan mengalahkan hari esok ini dan kemudian hari esok-esok yang lain. Jika sudah berpikir seperti itu, hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Jika tidak kita termasuk orang yang mundur atau dikatakan tidak ada kemajuan (stagnan). Jangan sampai kita tidak maju karena manusia tidak berkembang, padahal manusia dapat terus berkembang,

Jangan mengatakan diri kalian telah sempurna tanpa ada cacat sama sekali. Seperti kalian memperbaiki laptop, kalian tidak mau belajar lebih karena kalian menggap diri kalian sudah menguasainnya. Ingat, yang mempunyai kesempurnaan hanyalah tuhan. Kita harus berpikir "Tidak ada manusia yang sempurna melainkan hanya lebih baik dari orang lain saja".

Kedua, Mempunyai rencana untuk menjalankan hari esok. Seperti sebuah permainan catur, barang siapa yang bisa berpikir lebih dari satu langkah ke depan, maka dialah pemenangnya. Jadi, buatlah rencana-rencana untuk hari esok, apakah itu jadwal tugas untuk hari besok, atau membuat jadwal tugas untuk minggu ini. Jika kita tidak membuat jadwal kita akan kalah seperti bermain catur tersebut. Jadi, cobalah untuk membuat jadwal setiap hari sobat.

Ketiga, apa yang terjadi hari esok, tidak akan menyerah pada hidup. Jangan menyerah ya... kata yang mudah dikatakan tetapi tidak mudah dijalankan. Dalam hidup kita menghadapi banyak masalah-masalah dari masalah di sekolah ,di pekerjaan, maupun di lingkungan keluarga. Masalah-masalah semakin lama semakin banyak untuk dihadapi. 

Dan hanya empat cara untuk menghadapinya "jangan menyerah, sabar, hadapi dengan baik, dan berdoa". Jika kita sudah menjalankan empat cara itu kemungkinan masalah kalian akan berkurang sedikit demi sedikit dan membuat hari esok kalian lebih baik.

Keempat, selalu belajar dari masa lalu. Orang yang bijak menjalani hidup adalah orang yang selalu belajar dari masa lalu terutama masalah-masalah dan kegagalannya. Jika kita melakukan kegagalan maka kita haru intropeksi diri dan ubahlah kegagalan tersebut menjadi sebuah keberhasilan. Kegagalan adalah tangga-tangga yang jika kalian satukan akan bisa naik ke atas dimana kalian ingin naik. 

Maka jika kalian gagal jangan menyerah dan cari penyebab mengapa bisa gagal dan cobalah untuk mengatasinya. "Guru terbaik adalah pengalaman" dan pengalaman adalah masa lalu. Apa itu kegagalan kita atau keberhasilan kita. Jadi, mulai sekarang belajarlah dari masa lalu.

Kelima, mempunyai motivasi hidup dan bekerja cerdas. Carilah motivasi hidup kalian untuk mengarungi dunia kehidupan ini. Jika kalian bingung mencari motivasi-motivasi kalian bisa mencari di mbah google. Dan carilah motivasi yang kalian suka. Motivasi sangatlah penting karena dapat meningkatkan kemampuan kita dan memberikan pikiran positive ke diri kita.

Selain motivasi kita juga harus bekerja cerdas. Bekerja cerdas sangat berbeda dengan bekerja keras. Bekerja cerdas harus dengan cara dan tahapan tertentu tanpa harus bekerja mati-matian. Jika kalian mau tahu lebih banyak datang motivasi islam di sana banyak cara agar dapat bekerja cerdas.

Keenam, Bersaing bukan dengan orang lain tetapi bersainglah dengan diri sendiri. Ini adalah kesalahan sebagian kita, karena terlalu mengejar orang lain padahal untuk bersaing dengan diri sendiri saja kalah. Maksud dari bersaing dengan diri sendiri adalah. 

Mengalahkan masa lalu kita. Jika dulu kita tidak bisa mengerjakan soal matematika, sekarang kalian harus bisa mengerjakan soal matematika. Jika kita bersaing dengan orang lain kalian tidak bisa mengejar mereka dan akan membuat kalian frustasi. Jadi, alangkah baiknya fokus pada diri sendiri dan kalahkan diri kalian di masa lalu atau kemarin.

Ketujuh, hadapi hari esok dengan berpikir positif. Terkadang dalam menghadapi hidup kita banyak berpikir negatif. Jika itu yang selalu  kita pikirkan, cobalah untuk berpikir positive. Dengan berpikir positif membuat kalian menjadi lebih baik dan siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan tak terduga lainnya. Jangan selalu berpikir negatif karena dapat membuat diri kalian selalu berpikir pesimis dan akhirnya kita tidak mendapatkan hari esok yang tidak baik.

Kedelapan, Jadilah diri sendiri bukan harus menjadi orang lain. Jangan jadi diri orang lain cukuplah menjadi diri kita saja. Dengan menjadi diri kita akan tahu kelebihan dan kekurangan kita. Jka kita tahu kekurangan kita, kita akan menutupinya tetapi bukan dengan meniru orang lain. 

Yang kita tiru bukan orangnya melainkan apa yang dilakukannya untuk bisa. Jadi, cobalah untuk tetap menjadi diri kita sendiri karena kita sendiri mempunyai kelebihan yang mungkin tidak ada di diri orang tersebut dari kelebihan yang kita ketahui sampai kita sendiri tidak kita ketahui. 

Jadi, ingat modal-modal untuk menggapai hari esok ya... Selamat menjadi lebih baik.

Post a Comment