Tips Belajar Sains Secara Efektif

Tips Belajar Sains Secara Efektif
Sebenarnya kita salah memahami antara sains dan ilmu. Padahal dari kedua kata itu sama, sains dan ilmu mempunyai arti yang sama, yaitu seluruh usaha untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam pemikiran manusia.

Tetapi sekarang ilmu dan sains memiliki arti berbeda. Sains dan ilmu berbeda karena ilmu adalah semua kajian tentang pengetahuan. Sedangkan sains adalah ilmu yang mempelajari tentang kenyataan peristiwa di sekitar kita dari segi teoritis maupun dari segi praktek.

Karena ilmu sains dan ilmu biasanya memiliki perbedaan, maka dalam mempelajari sains juga memiliki perbedaan dalam metode belajarnya.

Mata pelajaran kajian sains adalah,; matematika, fisika, kimia, biologi, geographis, dan lain-lain.

Selain perbedaan itu ada lagi perbedaan antara ilmu sains dan ilmu biasanya, yaitu

Pertama, Objektif. Maksudnya dalam mempelajari sains perlu adanya sebuah objek yang kita pelajari berbeda dengan ilmu biasanya yang mempelajari subjek terkadang objek. Objek adalah suatu yang kita amati, apa itu angka, cepat orang berlari, atau yang lain-lain. 

Sedangkan subjek adalah suatu yang kita amati dalam diri kita. Maksudnya adalah dari diri sendiri tanpa adanya suatu yang diamati. Misalnya Perasaan Diri Kita marah, dan lainnya. Pokoknya apa yang berhubungan dengan orang itu sendiri. Bukan orangnya yang meneliti atau belajar dirinya sendiri.

Kedua. Metodis. Metodis adalah  mendapatkan ilmu dengan melakukan metode-metode untuk mendapatkan kebenarannya. Metodis ilmu sains tidak bisa sembarangan harus sesuai dengan kajian limiah atau disebut metode ilmiah. Jika kalian ingin tahu apa itu metode ilmiah kalian bisa datang ke sini.

Karena harus sesuai dengan metode-metode membuat sains sangat berbeda dengan ilmu lainnya sehingga ilmu sains sangatlah sulit untuk mendapatkan ilmu yang baru atau penemuan.

Ketiga, Sistematis. Harus dilakukan secara teratur atau berpola dalam pengerjaannya dan harus bersifat logis dan menyeluruh. Misalnya untuk kita mengamati tumbuhan kita ingin tahu apa pengaruh tumbuhan dengan matahari. 

Kita harus melakukannya secara eksperimen melalui penelitian yang bukan bersifat pribadi berdasarkan dalam hati kita, tetapi harus sesuai dengan kajian atau literatur (buku) yang terkait dengan pengamatan. Lalu, kita bisa eksperimen. Dan urutannya sangat panjang sesuai dengan tahapan metode ilmiah. 

Keempat, Universal. Universal dalam arti menyeluruh atau umum. Kebenaran yang umum. Misalnya rumus kecepatan, rumus kecepatan memiliki kebenaran yang pasti tak peduli itu agama kristen, islam, budha, atau yang lainnya, tak peduli itu suku apa, umur berapa. Semuanya kebenaran dapat diterima oleh siapa saja.

Karena perbedaan itu ilmu sains mempunyai cara khusus untuk mempelajarnya dan untuk mendapatkan belajar sains yang efektif, maka inilah tips atau caranya;

Pertama, Belajarlah sains dari dasar. Mulailah belajar dari awal atau dari yang kalian tidak tahu. Karena kesalahan seorang pelajar dalam belajar sains adalah tidak menguasai dasarnya. Misalnya kalian mempelajari perpangkatan, tetapi perkalian saja tidak bisa. Jangan coba-coba kalian belajar tanpa mempunyai dasar karena ilmu sains ibaratkan tangga yang mempunyai pijakan. Pijakan dasar kalian tidak ada bagaimana cara kalian naik ke atasnya. 

Kedua. Belajarlah Konsisten. Dalam belajar harus ditanamkan dalam diri kita yang namanya konsisten, belajarlah terus-menerus agar bisa menguasai pelajarannya. Jika kalian tidak konsisten, maka kalian tidak bisa mendapatkan belajar yang efektif karena kalian bisa lupa, jika tidak belajar lagi. 

Jika kalian belajar biologi, belajarlah setiap hari. Jika tidak bisa lakukan seminggu sekali atau berapa kali seminggu. Itu lebih baik dari pada belajar kebut semalam. Sistem terhebat dalam sejarah SKS (Sistem Kebut Semalam), maaf bukan promosi.

Ketiga, Belajarlah secara bertahap. Belajarlah dari tahapan-tahapan jangan langsung loncat kalian ingin bisa Pembagian, tetapi kalian tidak mempelajari penjumlahan. Bagaimana kalian bisa mempelajari Pembagian. Jika bisa indra ke tujuh yang digunakan. Yang ada enam, yang ketujuh khusus (beruntung).

Keempat, Lakukan latihan yang berhubungan dengan rumus. Jika kalian telah memahami cara belajar pada rumus matematika, fisika maupun kimia. Cobalah berlatih dengan cara mengerjakan soal di buku-buku atau dimana saja kalian bisa mengerjakan soal.

Kelima, Pahamilah setiap apa yang kalian pelajari, bukan menghafalnya saja. Ini adalah kebanyakan kesalahan pelajar ketika belajar sains karena sains tidak bisa dipelajari hanya dengan menghafal, tetapi perlu juga memahami. Jadi belajar dengan memahami pelajaran yang kalian kaji jangan sampai tidak paham dan akhirnya kalian bingung dipelajaran selanjutnya.

Keenam, Kembangkanlah ilmu yang kalian pelajari. Setelah kalian pahami, kalian sebaiknya kembangkanlah apa yang kalian pelajari. Misalnya, contoh-contoh soal yang lain yang kalian ingin tambah. Atau suatu yang tidak tahu dalam pelajar sains yang kalian pelajari. 

Ketujuh, Bertanya jika kalian tidak paham dalam belajar sains kepada orang yang tahu. Ingat kata pepatah “ Malu bertanya, sesat dijalan”. Jangan kalian biarkan ketidakpahaman kalian karena akan mempersulit kalian dalam belajar, jadi carilah orang yang paham dan mengerti yang kalian pelajari. Kalian bisa bertanya kepada guru di sekolah, guru bimbel, atau bertanya kepada kami disini di kontak kami, atau di forum sains ini.

Kedelapan, Jangan menyerah dalam belajar sains. Dalam belajar pasti ada namanya kesusahan. Tidak semua pelajaran mudah dipelajari. Tetapi, jika kalian konsisten maka kalian dapat menyelesaikannya.

Kesembilan, Belajarlah apa yang kalian tidak tahu dari pelajaran kalian itu. Dalam belajar pasti ada pelajaran yang kalian tidak tahu atau tidak kalian pahami. Cari tahu apa yang kalian tidak tahu dan bertanya kepada orang yang tahu atau kalian bisa cari di om google. Biar lebih mudah atau bertanya di yahoo answer.

Itu saja tips dan cara dari kami, dan jangan lupa tetap ikuti kami di Mandiri Belajar Sains.
Post a Comment