Tips Belajar Matematika secara Mandiri

Pelajaran matematika tidak mudah untuk dipelajari sebagian orang, karena matematika adalah pelajaran yang sangat rumit dan ribet untuk sebagian orang. Itu semua benar untuk sebagian orang tetapi untuk mempermudah kalian mempelajari matematika, adalah harus mengikuti tahapan. Sebenarnya pelajaran matematika yang sulit itu akan menjadi mudah seiring dengan waktu kita belajar. Matematika bukan hafalan atau pengetahuan, Matematika adalah keahlian atau skill yang harus kita kuasai. Ya... langsung saja kita akan membongkar tipsnya.

1. Belajar dari dasar matematika
Tips Belajar Matematika secara Mandiri
Sebagian siswa/mahasiswa susah belajar matematika karena tidak menguasai dasar matematika seperti kalian, bagian, tambahan, kurangan, perpangkatan, operasi hitung, dan lain-lain. Jadi, untuk mempelajari matematika kita mulai dari dasar.

Kuasai dasar matematika sampai kalian paham dan mengerti. Pelajaran dasar yang bisa kalian lihat adalah buku matematika sd dulu baru lanjut matematika smp.

Pelajaran matematika dari dasar tidaklah mudah karena semua itu perlu proses yang tidak sebentar. Asalkan kalian tetap konsisten, kalian bisa menguasai dasar matematika tersebut.

2. Banyaklah berlatih Soal
Matematika bukan pelajaran yang hanya bisa dihafal dan diisi jawabannya seperti pelajaran yang lain. tetapi diperlukan pemahaman, ketelitian, dan kecepatan berpikir yang dibutuhkan untuk mengerjakan matematika tersebut.

Cara meningkatkan itu semua dengan cara berlatih soal terus-menerus sampai mahir. Kalian bisa juga menggunakan blog ini untuk mengerjakan soal, nanti saya akan masukkan soal di blog ini untuk mempermudah dalam belajar.

3. Bertanya pada orang yang mengerti jika tidak mengerti soal tersebut.
Bertanya adalah cara yang paling mudah untuk memahami soal tersebut. Jika, kalian hanya baca buku dan pahami sendiri dibutuhkan waktu yang lama untuk menguasai tersebut. Jadi, carilah seorang teman atau seorang guru yang bisa mengerjakan soal tersebut dan memberikan cara pengerjaannya.

Ingat kata pepatah "Jika tidak bertanya, sesat dijalan". Kalian bisa mencari orang yang pahami mulai dari bimbel, guru sekolah, dan lain-lainnya.

4. Belajar secara bertahap 
Kalian tidak bisa belajar matematika tanpa ada dasar. Kalian harus belajar dari dasar dan seterusnya sampai pada tingkatan yang kalian pelajari. Misalnya ada materi aljabar dengan trigonometri, kalian tidak mengerti trigonometri, maka kalian pelajari lebih dahulu adalah trigonometri tersebut, baru melanjutkan materi aljabar dengan trigonometri tersebut.

Jika kalian langsung pada tingkatan yang kalian kuasai, kalian akan kebingungan dan akhirnya kalian tidak bisa mengerjakan soal tersebut.

5. Sebelum belajar berdo'a
Dengan berdo'a kita akan lebih mudah mempelajari matematika tersebut. Tuhan juga akan mengabulkan apa yang kita inginkan.

6. Niat sebelum belajar matematika
Niat adalah kunci utama untuk kalian bisa menguasai matematika tersebut. Tanpa adanya niat kalian tidak mungkin untuk bisa menguasai matematika tersebut. Jadi, sebelum belajar niatlah dalam hati kalian dan belajarlah sungguh-sungguh.

7. Jangan akan menyerah (Don't Give-Up)
Belajar matematika bukan suatu pelajaran yang mudah, tetapi dengan seiringnya waktu pelajaran matematika kita pelajari jika mengikuti tips tadi. maka, akan terasa mudah, tetapi perlu waktu. asalkan tidak menyerah maka akan ada jalannya. Ingat, Matematika hanya bisa dikuasai jika kita konsisten dan terus mencoba.

Ya.. itu saja tips untuk belajar matematika dari Mandiri Belajar Sains. Jangan lupa ikuti kami, kami akan masukkan soal-soal menarik dan update. Terus semangat dalam belajar dan jangan menyerah untuk masa depan kalian.
Post a Comment