Pengertian Energi dan Jenis-Jenisnya

Materi IPA > Materi IPA SD > Gaya, Gerak, dan Energi

Artikel kali ini akan mempelajari tentang pengertian energi dan jenis-jenisnya. Energi adalah kemampuan untuk membuat suatu terjadi atau melakukan kerja. Sedangkan dalam sains energi adalah tenaga yang dimiliki suatu benda untuk menghasilkan suatu. misalnya kerja, bergerak, reaksi dan lain-lainnya.

Energi yang kita pelajari kali ini hanya 2 jenis saja yaitu energi panas dan energi bunyi. Pembatasan berguna untuk mendalam tentang kedua bunyi tersebut. ya.. langsung saja simak jenis-jenis bunyi di bawah ini beserta manfaat dan sifatnya.

Energi Panas
1. Sumber Energi Panas
Segala sesuatu yang dapat menghasilkan panas disebut sumber energi panas. Contohnya adalah matahari yang mengeluarkan panas ke bumi. Matahari sangat berguna untuk makhluk hidup maupun tidak hidup. Jika andai matahari tidak ada, maka tidak ada cahaya di bumi. Jika ada hanya sebentar karena energi lain dapat habis. misalnya batu bara sebagai sumber listrik.

Contoh lainnya adalah dua telapak tangan yang saling digesekkan menghasilkan panas. sumber energi panas pada tangan digesekkan berasal dari gaya gesek yang menyebabkan panas pada tangan kita. 

2. Manfaat Energi Panas
Manfaat Energi Panas
Panel Surya
Beberapa manfaat energi panas adalah sebagai berikut.
a. Panas matahari mempertahankan suhu atmosfer sehingga panas di bumi sesuai untuk kehidupan makhluk hidup.
b. Panas matahari memungkinkan terjadinya daur air dan perubahan musim di belahan bumi utara dan selatan.
c. Panas matahari berguna untuk mengeringkan pakaian serta bermacam-macam bahan makanan, misalnya ikan asin, dendeng, kerupuk, dan garam.
d. Panas dari kompor digunakan untuk memasak makanan dan air.
e. Panas matahari sebagai sumber tenaga listrik, terdapat pada panel surya.

3. Perpindahan Panas
Perpindahan Panas - Termos
Termos
Panas dapat berpindah dari sumbernya ke tempat lain. Contohnya adalah sendok besi yang kita bakar di ujung sendoknya saja. Apa yang terjadi dengan sendok besi itu adalah panas pada ganggang sendok itu.

Air panas juga merupakan sumber energi panas. Panas dapat berpindah. Akibatnya, benda yang semula panas dapat menjadi dingin. energi Panas berpindah tidak dapat dilihat pada air itu tetapi dapat kita rasakan kecuali masih berupa uap air.

Perpindahan Panas - Matahari
Matahari
Perpindahan panas dapat dicegah. Salah satunya dengan cara memasukkan air panas ke dalam termos. Termos adalah alat yang dapat mencegah terjadinya perpindahan panas. Air panas yang dimasukkan ke dalam termos dapat tetap panas untuk waktu yang lama. Demikian pula, air tetap dingin untuk waktu yang lama. Bagian termos terbuat dari botol kaca yang dindingnya berlapis dua. Dinding itu juga dicat perak. Ruang hampa di antara kedua dinding dan cat perak, dapat mencegah perpindahan panas. Penutup termos biasanya terbuat dari gabus atau plastik tahan panas.

Ayam dan burung mengembangkan bulunya ketika kedingin. Itu adalah bentuk adaptasi dengan lingkungannya karena pada saat ayam dan burung mengembangkan bulunya terjadi pemanasan pada tubuhnya yang berdampak pada menghangatkan tubuhnya walaupun tidak seberapa efektif untuk menghangatkan dari panas.

Ada 3 macam perpindahan panas yaitu;
a. Perpindahan panas secara konduksi
Perpindahan panas yang tidak diikuti dengan perpindahan bagian-bagian Zat yang dilaluinya disebut perpindahan panas secara hantaran atau konduksi. Contohnya seperti terjadi ujung sendok besi yang dibakar yang akan berpindah ke seluruh sendoknya, termasuk bagian sendok yang kita pegang. Contoh lainnya adalah kertas yang kita sinari dengan cahaya matahari dengan bantuan kaca lup sehingga kertas itu panas bahkan terbakar.

b. Perpindahan panas secara konveksi
Perpindahan Panas Secara Konveksi
Perpindahan Panas Secara Konveksi
Bagian-bagian terkecil dari air adalah molekul air. Molekul air sebenarnya bergerak-gerak dan bergabung dengan molekul lain. Misalnya pada air putih yang kita masukkan teh dan membuat warna air putih itu berubah.

Molekul air berpindah-pindah dan bergerak tanpa kita sadari pada saat terjadi pemanasan. Pada air yang kita panaskan terjadi buih-buih yang keluar dan sebagaian berupa uap yang terbang ke atas. buih-buih itu dan uap adalah bagian-bagian perpindahan air. Jadi, perpindahan panas pada air diikuti oleh perpindahan bagian-bagian air.

Perpindahan panas yang diikuti oleh perpindahan bagian zat yang dilaluinya disebut perpindahan panas secara aliran atau konveksi.

c. Perpindahan panas secara radiasi
Perpindahan panas secara radiasi
Perpindahan Panas Secara
Radiasi
Artinya, panas matahari berpindah tanpa memerlukan bahan perantara. Perpindahan panas tanpa melalui perantara disebut perpindahan panas secara pancaran atau radiasi.








B. Energi Bunyi
1. Sumber Energi Bunyi
Sumber Energi Bunyi
Lumba-lumba dapat mendengar
dan membuat suara yang jauh.
Kita dapat mendengar bunyi dari alat musik. musik ada yang dipukul, dipetik, maupun ditiup. Semua musik yang terjadi sebenarnya bergetar dengan berbeda-beda cara. misalnya terompet menghasilkan suara yang keras, melalui suara kita yang menggetarkan pita suara kita membuat terompet itu bersuara. Gitar yang dipetik juga bergetar. Karet gelang yang dipetik juga bergetar. Drum yang dipukul juga bergetar. Semua bunyi diawali oleh getaran. Jadi, kita dapat simpulkan bahwa semua getaran benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.


2. Frekuensi Bunyi
Kelawar menggunakan suara ultrasoniknya.
Kelawar menggunakan suara
ultrasoniknya.
Kamu pasti pernah mendengar bunyi tinggi dan bunyi rendah. Contoh. Tinggi rendahnya bunyi tergantung pada frekuensi bunyi. Frekuensi adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik.

Satu getaran adalah satu kali gerakan bolak-balik. Satu getaran per detik disebut satu hertz yang dilambangkan dengan Hz. Semakin tinggi suatu bunyi semakin banyak getaran yang dilakukan benda itu per detik.

Bunyi yang frekuensinya teratur disebut nada. Bunyi yang frekuensinya tidak teratur disebut desah.

Berdasarkan frekuensinya, bunyi dapat dibedakan menjadi:
a. Infrasonik, yaitu bunyi yang getarannya kurang dari 20 Hz.
b. Audiosonik, yaitu bunyi yang getarannya antara 20 sampai 20.000 Hz.
c. Ultrasonik, yaitu bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 Hz.

3. Amplitudo Bunyi
Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitudo. Amplitudo ialah simpangan terjauh dari kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan ialah kedudukan benda pada saat tidak bergetar.

4. Manfaat Energi Bunyi
Bunyi digunakan menghasilkan musik
Bunyi digunakan menghasilkan
musik
Manfaat bunyi adalah sebagai berikut.
a. Bunyi digunakan oleh manusia dan hewan untuk berkomunikasi.
b. Bunyi digunakan untuk menghasilkan musik.
c. Pantulan bunyi dimanfaatkan dalam teknologi sonar untuk mengukur kedalam laut.
d. Bunyi digunakan untuk mengetahui benda disekitarnya dan ini terjadi pada kelawar. Kelawar memiliki mata yang sangat rabun sehingga kesulitan melihat kedepan tetapi dia memiliki suara ultrasonik yang dikeluarkan dan pantulan suaranya dapat dijadikan penglihatan keduanya.
5. Resonansi
Resonansi adalah peristiwa turut bergetarnya suatu benda termasuk udara karena pengaruh getaran benda lainnya.

5. Perubahan Bunyi Melalui Alat Musik
a. Getar adalah alat yang digunakan secara dipetik.
b. Biola adalah alat musik bersenar yang dimainkan dengan cara digesek.
c. Piano memiliki satu senar untuk setiap tuts.

Post a Comment