Jenis-Jenis Gaya Beserta Manfaat dan Kerugian Gaya Gesek.

Materi IPA > Materi IPA SD > Gaya, Gerak, dan Energi.

Artikel kali ini akan mempelajari tentang Jenis-Jenis Gaya Beserta manfaat dan kerugian gaya gesek.
Gaya memiliki berbagai macam jenis berdasarkan sifatnya. Misalnya magnet dapat menarik benda yang terbuat dari logam. Untuk memahami tentang gaya simaklah artikel di bawah ini;

Jenis-Jenis Gaya
Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan gaya tanpa kita sadari dan setiap gaya memiliki jenis-jenis berbeda sesuai dengan sifat gayanya, misalnya gaya gravitasi yang bersifat jatuh ke bawah karena gaya tarik bumi.

Benda bergerak karena ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Tanpa adanya gaya benda tidak akan bisa bergerak.

Berikut ini jenis-jenis gaya beserta penjelasannya.
1. Gaya Magnet
Gaya Magnet
Magnet
Gaya magnet berasal dari magnet. Magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Benda akan tertarik pada salah satu kutubnya dan benda menjahui pada salah satu kutubnya. Jika kutub magnet sama, maka magnet akan saling menjahu. Jika kutub magnet berbeda, maka magnet akan saling tarik-menarik.

Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam tertentu. Pernah lihat magnet menarik besi bukan. Itu karena besi adalah jenis logam. Benda logam apa lagi yang kalian ketahui. Contoh lainnya adalah baja.

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Khusunya benda yang bukan logam, misalnya karet, kertas, plastik. Benda-benda ini tidak akan pernah bisa ditarik oleh magnet atau menajahui magnet. Logam termasuk benda magnetis. Benda magnetis adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet.

Benda tidak magnetis atau benda nonmagnetis. Tidak dapat ditarik magnet. Contohnya seperti di atas tadi yaitu kertas, plastik, dan logam.

2. Gaya Gravitasi
Gaya Gravitasi - Terjun Payung
Terjun Bebas
Gerak turun menuju ke bumi itulah disebut yang dinamakan gerak jatuh. Pada benda jatuh pasti ke bawah bukan bukan ke atas walaupun ada beberapa benda ke atas. Misalnya balon.

Benda dapat jatuh menuju bumi karena bumi menarik benda tersebut. Jadi, bumi memiliki gaya tarik. Gaya tarik bumi dinamakan gaya gravitasi bumi. Gaya inilah yang menarik semua benda jatuh menuju bumi. Gerak jatuh yang disebabkan oleh gaya gravitasi disebut gerak jatuh bebas.

Gaya Gravitasi - Burung
Burung
Gaya gravitasi membuat makhluk hidup maupun benda tetap berada di bumi. Jika tidak maka kita mengambang gak turun-turun. Walaupun burung sekalipun tetap akan menyentuh bumi. Karena itu kita bersyukur jika kita tetap di bumi bukannya ke atas dan keluar dari bumi dan akhirnya mati karena kehabisan oksigen di luar angkasa.

Jika kita terbang terus ke angkasa luar, kita tidak lagi terkena gaya gravitasi bumi. Dan Akhirnya kita mengambang di udara. Ini yang dilakukan seorang pengamat planet atau alam semesta contohnya adalah astronaut. 

Astronaut adalah orang yang melakukan perjalanan ke angkasa luar. Astronout mengambang di angkasa dan tidak bisa berpinda karena tidak ada gravitasi. Salah satu cara berpindah dengan pesawat luar angkasa atau dengan bantuan angin dan gas sebagai gaya. Di dalam pesawat luar angkasa diberikan gravitasi sehingga astronout tidak mengambang.

3. Gaya Gesek
Gaya Gesek
Gaya Gesek
Gaya gravitasi sanggup menarik segala benda menuju ke bawah dalam bentuk gerak jatuh. Dan dalam ini terdapat satu gaya lagi yang membuat gerak jatuh melambat, seperti terjadi pada parasut. Gaya itu adalah gaya gesek.

Gaya gesek bersifat menahan benda. Benda jatuh akan bergesekkan dengan udara. Itulah yang menyebabkan parasut yang berat tidak jatuh dengan cepat tetapi jika parasut disimpan di tas dan dijatuhkan, maka parasut jatuh dengan cepatnya.

Gaya gesek adalah hambatan yang terjadi ketika dua permukaan benda saling bersentuhan. Roda dengan lantai yang halus atau roda dengan lantai yang kasar menghasilkan kecepatan mobil berbeda bukan.

a. Manfaat gaya gesek
Manfaat Gaya Gesek - mobil off road
Mobil OFF-Road
Beberapa contoh manfaat gaya gesek adalah sebagai berikut.
1). Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
Pernah anda lihat jika kita berlari di tempat yang licin. Apa yang terjadi ?, Pasti kita tergelincirkan. Bagaimana di tempat yang kasar. Kita tidak mudah tergelincir.

2). Menghentikan benda yang sedang bergerak
Roda kita gelindingkan ditempat yang kasar dibandingkan dengan roda ditempat yang halus lebih cepat berhenti daripada di tempat yang halus. Bandingkan benda boling yang kita gulingkan di lintasan boling dengan bola boling yang berada di pasir, mana yang lebih cepat berhenti ?.

3). Menahan benda-benda agar tidak bergeser
Benda yang kasar dengan karet tidak bisa digeser karena permukaan yang kasar. Perlu gaya lebih supaya dapat menggeser benda itu. 

b. Benda-benda yang memperbesar gaya gesek
Benda-Benda yang Memperbesar Gaya Gesek
Alas Sepatu yang tidak datar memperbesar
gaya gesek agar tidak mudah tergelincir jika
berjalan.
1) Bahan karet
Pernah bertanya 'mengapa ban itu terbuat dari karet kenapa tidak besi saja ?'. Itu karena ban karet memiliki gaya gesek yang lebih besar sehingga terhindar dari tergelincir. Karet kita gunakan untuk menghapus huruf, pasti kita rasakan kasar atau berat.

2) Alas yang tidak datar
Ini terjadi pada sandal yang kalian pake. Sandal permukaannya tidak datar tetapi berlikuk-likuk. Itu berguna untuk mengurangi gaya gesek. Begitu pula dengan menggunakan paku yang tajam sebagai alas.

c. Kerugian akibat gaya gesek
Kerugian akibat gaya gesek
Mobil yang dipakai terus menerus
bannya dapat menjadi aus.
1) Menghambat gerakan
Ini terjadi pada meja yang kita dorong dipermukaan yang kasar, sehingga meja tidak bergerak melainkan kita harus angkat.

2) Mengikis permukaan yang bergesekkan
Roda yang berjalan terus pasti akan diganti ban yang baru, tetapi ban tidak mengalami bocor melainkan aus. Sehingga harus diganti. Begitupula dengan penghapus yang kita gesek terus, dan akhirnya habis.

3) Memboroskan energi untuk mengatasi gaya gesek
kita mendorong meja ditempat yang kasar pasti setengah mati kita dorongnya berbeda dengan meja ditempat yang halus. Ditempat yang halus kita mudah mendorong meja.

d. Cara mengurangi gaya gesek
Cara Mengurangi Gaya Gesek
Ban Karet
1) Memasang roda
Bagaimana mendorong meja dengan meja beroda pasti muda meja beroda?.

2) Memasang bantalan peluru
Dengan memasang peluru pada bola-bola yang telah dilapisi gemuk atau minyak pelumas untuk mengurangi gaya gesek.

3) Menghaluskan permukaan benda
Lantai diganti keramik bukan semen. Itu salah satu cara untuk mengurangi gaya gesek.
Post a Comment