Cara Menentukan Cita-Cita Kalian

Cara Menentukan Cita-Cita Kalian
Sebagian orang bingung memilih cita-cita bahkan sebagian tidak mempunyai cita-cita. Banyak orang yang berkata "Untuk apa punya cita-cita" dengan pisimisnya berkata demikian. Untuk apa cita-cita itu jelas untuk membuat kita mempunyai tujuan hidup kita untuk terus maju dan membuat hidup kita lebih baik, bahkan untuk orang lain.

Sebagian tahu cita-cita itu penting, tetapi sebagian bingung untuk menentukan cita-cita mereka. Bahkan anak kecil sendiri untuk menentukan cita-cita mereka juga bingung, dan disini saya akan berikan sedikit cara menentukan cita-cita kalian;

Pertama, mencari dari bakat kalian. Bakat kalian bisa jadi cara menentukan cita-cita kalian, Pikirkanlah bakat yang kalian punyai, misalnya mempunyai keahlian memperbaiki barang. Kalian bisa berpikir memperbaiki barang kalian bisa menjadi seorang ahli di bidang elektronik.

Selama kalian menekuninya cita-cita kalian akan lebih mudah tergapai, apalagi mempunyai bakat. Jadi, pikirkan cita-cita kalian dengan melihat bakat kalian.

Kedua, mencari dengan hobi kalian sukai. Hobi bisa jadi cara untuk menentukan cita-cita kalian. Apakah kalian menyukai renang, menulis, atau lainnya. Dengan menyatukan hobi dan cita-cita, kita bisa mendapatkan cita-cita yang menyenangkan.

Misalnya, kalian suka melihara hewan, kalian bisa menjadi dokter hewan. Untuk dapat merawat mereka. Dan dengan hobi juga bisa menjadi bakat kalian. Jadi, pikirkan cita-cita kalian dari hobi kalian.

Ketiga, apa yang membuat kalian peduli dengan orang lain. Sikap kita peduli dengan orang lain bisa mengantarkan kita ke cita-cita kita. Misalnya anak kecil yang kalian dekat dengannya tiba-tiba divonis dokter terkena penyakit diabetes tipe 1. Karena kalian tahu hal itu kalian sedih sehingga hati kalian bergerak menjadi seorang dokter suatu hari nanti untuk menyembuhkan anak itu. Sebagian sedikit kisah yang ada.

Tetapi, bisa kalian coba carilah suatu yang kalian ingin lindungi apakah itu orang yang kalian sayangi atau orang yang tidak berbuat apa-apa dan pikirkan cita-cita kalian yang akan kalian gapai suatu saat nanti.

Keempat, minat. Kita minat pada pelajaran yang kita sukai bisa untuk menentukan cita-cita kalian. Perhatikan minat dari pelajaran yang kalian sukai dan pikirkan apa yang kalian ingin bangun dengan minat kalian.

Apa itu kalian sangat berminat pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, atau lainnya. Misalnya, kalian minat dalam pelajaran kimia kalian bisa menjadi seorang penemu obat-obatan atau yang meracik obat-obatan. Jadi, pikirkan minat kalian lalu tentukan cita-cita kalian.

Kelima, bermanfaat untuk orang lain. Carilah cita-cita  untuk dapat bermanfaat bagi orang lain. Kalian bisa berjalan-jalan menemukan seorang polisi yang memandu seorang kakek yang melintasi jalan raya.

Atau seorang dokter memberikan pelayanan kesehatan kepada kalian dengan cara yang ramah dan disukai orang. Itu bisa menjadi inspirasi kalian dan awal untuk membuat cita-cita kalian. Jadi, pikirkan apa yang bermanfaat untuk orang lain untuk membangun cita-cita kalian.

Keenam, apa yang membuat kalian bahagia dan juga bahagia dengan orang lain. Carilah suatu yang dapat kalian bahagia suatu saat nanti dan ingat juga bahagia untuk orang lain terutama orang dekat dengan kita. Jangan kalian hanya cari cita-cita untuk bahagia diri sendiri sehingga orang yang di dekat kalian menderita.

Apa kalian ingin membuat Taman Kanak-Kanak untuk dapat belajar dan bermain dengan anak-anak karena itu yang membuat orang lain bahagia dan kalian juga bahagia. Tentukan apa yang membuat kalian bahagia, tetapi ingat juga jangan memilih cita-cita untuk membuat orang di dekat kalian tidak bahagia ya...

Ketujuh, apa yang orang lain inginkan dari kita. Kalian tidak mempunyai hobi, bakat atau lainnya. Jika begitu kalian bisa tanyakan kepada orang tua, teman, guru kita untuk mencari apa yang mereka inginkan dari diri kita. Jika orang tua menginginkan menjadi guru, dokter atau lainnya. Kalian bisa menentukan cita-cita dari apa yang mereka inginkan. Jadi, tanya mereka apa yang mereka inginkan, ingin jadi apa kita nanti ?.

Ingat ! Cita-cita yang baik adalah cita-cita yang peduli dengan sesama, Jangan memilih cita-cita karena diri kita sendiri seperti kekuasaan dan kekayaan karena dapat membawa malapetaka terutama yang menginginkan kekayaan yang berlebihan.

Jadilah orang yang mempunyai cita-cita yang jelas dan tegas serta terus konsisten apa yang di cita-citakannya. Jika cita-cita tanpa usaha itu bukan cita-cita melainkan angan-angan belaka. Ya.. itu saja cara atau tipsnya. Selamat Belajar.
Post a Comment