Cara Menggunakan Mikoskop Beserta Fungsinya

Dalam penelitian maupun mempelajari tentang pengamatan makhluk hidup kita juga tidak lepas dari namanya mikroskop. Mikroskop adalah alat untuk melihat benda kecil atau juga mikroorganisme. Karena alat ini sangat penting kita akan mempelajarinya mulai dari bagian-bagian dan fungsinya sampai pada cara menggunakannya. Jadi, simaklah baik-baik artikel di bawah ini.

Pengenalan Mikroskop:
Sebelum untuk membahas tentang bagian-bagian dan cara menggunakannya sebaiknya kita harus tahu apa itu mikroskop. Kita langsung saja kita simak bersama-sama.
Mikroskop berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu micro yang berarti kecil dan scopium yang berarti penglihatan. Jadi, mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat objek yang berukuran kecil.
T
Penemu mikroskop pertama kali adalah Antonie van Leeuwenhoek.

Mikroskop mempunyai berbagai macam jenis dan setiap jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri antara lain.

Mikroskop cahaya, mikroskop polarisasi, mikroskop fase-gelap, mikroskop Elektron (TEM dan SEM), dan lain-lain.

Mikroskop tercanggih untuk sekarang adalah mikroskop TEM dan SEM. Karena dapa melihat struktur molekuler dan juga virus sekalipun.

Mikroskop yang biasa digunakan di sekolah-sekolah adalah mikroskop cahaya. Perbesaran yang dapat diperoleh dengan menggunakan mikroskop ini maksimum sebesar 1.000 kali.

Dan jenisnya dapat dibedakan lagi berdasarkan jumlah lensa okulernya, mikroskop dibedakan menjadi monokuler dan binokuler. Mikroskop monokuler adalah mikroskop dengan satu lensa okuler, sedangkan mikroskop binokuler adalah mikroskop dengan dua lensa okuler.

Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Fungsi Bagian-Bagian Mikroskop
Fungsi Bagian-Bagian Mikroskop
Lensa Okuler : Memperbesar penampakan objek
Tabung Mikroskop : Penghubung lensa okuler dengan lensa objektif
Pengitar : tempat lensa objektif
Lensa Objektif :  Memperbesar objek
Lengan : Bagian untuk dipegang ketika dipindahkan
Penjepit : Menjepit Preparat
Mikrometer : Memfokuskan bayangan secara lambat
Tombol pengatur pemusat : Mengatur intensitas cahaya
Meja objek : Tempat melatakkan objek
Makrometer : Memfokuskan bayangan secara cepat
Dasar Mikroskop : Menjaga kedudukan mikroskop
Lampu : Sumber cahaya

Cara Menggunakan Mikroskop:
Dalam menggunakan mikroskop kita harus tahu cara untuk menggunakannya terutama untuk membawa mikroskop ini jika tidak mikroskop ini akan rusak, Jadi perhatikan baik-baik di bawah ini untuk menggunakan mikroskop dengan hati-hati.

Didiskripsikan sebagai berikut ;
a. Ambillah mikroskop dengan satu tangan, sedangkan tangan yang lain menompang dasar mikroskop

b. Letakkan mikroskop di meja yang datar ! Aturlah sehingga lengan mikroskop terletak tepat di hadapan kalian !

c. Putarlah pengitar (revolver) sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah tepat berada di atas meja objek! Pastikan telah terdengar bunyi klik!

d. Turunkan tabung mikroskop dengan memutar makrometer sehingga lensa objektif berada lebih kurang 1 cm di atas meja objek!

e. Letakkan preparat yang akan diamati di atas meja objek !

f. Aturlah agar bagian yang akan diamati berada tepat di atas lubang meja objek ! Jepitlah preparat dengan penjepit preparat.

g. Sambil melihat dari samping, putarlah makrometer dengan hati-hati agar tabung mikroskop turun hingga hampir menyentuh preparat dan jangan sampai menyentuh preparat.

h. Sambil mengamati melalui lensa okuler, putarlah makrometer perlahan-lahan untuk menaikkan tabung mikroskop hingga preparat terlihat jelas ! Jika letaknya belum tepat, preparat dapat digeser-geser.

i. Putarlah mikrometer untuk mendapatkan fokus yang paling baik !

j. Untuk melihat preparat dengan perbesaran kuat, putarlah pengitar (revolver) hingga terdengar bunyi klik dan lensa objektif kuat tepat berada di atas meja objek.

Daftar Pustaka
Purwanto, B., A. Nugroho. 2014. Eksplorasi Ilmu Alam untuk Kelas VII SMP dan MTs. Jakarta. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.



Post a Comment